Minggu, 16 November 2014

rpp spredsheet

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                           :      SMK NEGERI 1 SANGATTA UTARA
Mata Pelajaran               :      Paket Program Pengolah Angka/ Spreadsheet
Kelas / Semester           :      X / Gasal
Materi Pokok                  :      Standar Operasional Prosedur(SOP) paket program pengolah angka/ spreadsheet
Alokasi Waktu                :      2 x 45 Menit

A.   Kompetensi Inti
       1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
       2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
       3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan rasa prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
       4.    mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
.     

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator
KD
INDIKATOR
1.1 Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa atas pemberian amanah untuk mengelola administrasi keuangan entitas.
1.2 Mengamalkan ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan informasi keuangan yang mudah dipahami, relevan, andal dan dapat diperbandingkan.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran keuangan dan akuntansi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap proaktif dalam melakukan kegiatan pengelolaan keuangan perusahaan
3.1. Menjelaskan standar operasional prosedur paket program pengolah angka di perusahaan
4.1  Mengevaluasi standar operasional prosedur paket program pengolah angka di perusahaan
·         Menarik kesimpulan tentang SOP paket program pengolah angka  melalui buku teks, studi kasus, media cetak dan online serta sumber belajar lainnya
·         Menerapkan standar operasional prosedur paket program pengolah angka di perusahaan berdasarkan hasil indentifikasi dan evaluasi
·         Membiasakan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong dan mewujudkan implementasi sikap proaktif dalam melakukan kegiatan pengelolaan keuangan perusahaan


C.   Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat  :
1.      Menjelaskan standar operasional prosedur paket program pengolah angka yang ada di perusahaan
2.      Membuat kesimpulan tentang pentingnya standar operasional prosedur paket program pengolah angka di perusahaan
3.     Membiasakan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong dan sikap proaktif

D.   Materi  Pembelajaran
       Standar Operasional Prosedur(SOP) paket program pengolah angka/ spreadsheet

E.   Metode  Pembelajaran
1.    Tanya jawab
2.    Ceramah
3.    Tugas
Dengan pendekatan CTL.

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
       1.    Media : LCD proyektor
       2.    Alat / Bahan
       3.    Sumber Pembelajaran :
a.    Buku :
-       Arifin dan Wicaksono. 2008.Komputer akuntansi dengan microsoft excel. Jakarta. Elex Media Komputindo
-       Tofik, Moch. 2009.Membuat aplikasi akuntansi dengan excel 2007. Bekasi. Media Kita
-       Arifin, Johar.2009. Dasar-dasar akuntansi menggunakan microsoft office excel 2003/2007. Jakarta. Elex Media Komputindo
b.    Cd/ File pembelajaran
c.    Media cetak dan Online

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Waktu
Pendahuluan/ Kegiatan Awal
·        Pembukaan dengan berdo’a dan menanyakan siswa yang tidak dapat hadir.
·        Mengajukan pertanyaan tentang  mata pelajaran akuntansi manual yang pernah di pelajari.
·        Menyampaikan tujuan pembelajaran dan ruang lingkup materi, yaitu Standar Operasional Prosedur(SOP) paket program pengolah angka/ spreadsheet.
·        Membentuk elompok diskusi terdiri dari maksimal 8 orang tiap kelompok
15
Menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·          Peserta didik mengamati sumber belajar.
Menanya
·         Merumuskan pertanyaan dan berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang standar operasional prosedur paket program pengolah angka di perusahaan
Mengeksplorasi
·         Peserta didik diberi waktu 10 menit untuk mengumpulkan data dan informasi tentang standar operasional prosedur paket program pengolah angka di perusahaan secara mandiri/individual
·         Setelah menyelesaikan tugas, peserta didik mendiskusikan secara berpasangan dengan salah satu teman yang ada dalam kelompoknya.
Mengasosiasi
·       Setelah peserta didik mendiskusikan secara berpasangan (berdua), masing-masing pasangan mendiskusikan dengan pasangan lain yang ada dalam kelompoknya.

Mengkomunikasikan
·       Setelah kelompok menyelesaikan mendiskusikannya, secara bergilir masing-masing kelompok melaporkan hasilnya.
·       Kelompok lain memberikan tanggapan/pertanyaan terhadap kelompok yang tampil.

Catatan:
·       Selama peserta didik melaksanakan diskusi, guru melakukan penilaian sikap dengan menggunakan rubrik.
·       Guru memberikan klarifikasi terhadap pernyataan atau  pertayaan yang disampaikan peserta didik pada waktu kegiatan laporan/diskusi
60
Menit
Kegiatan Penutup
·        Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·        Refleksi dilakukan oleh peserta didik terhadap pembelajaran yang telah dilakukan
·        Guru menyampaikan pesan moral terkait materi yang telah dipelajari.
·        Siswa menerima tugas rumah untuk menggali inforali elasnisasi dengan migrasipenduduk masa dan dmasi tentang Pengertian, jenis dan fungsi program paket pengolah angka/ spreadsheet
·        Salam dan penutup.
15
Menit


H.   Penilaian
1.     Jenis / Teknik Penilaian :
        a.    Penilaian tes tertulis
        b.    Mengerjakan tugas
2.     Bentuk Instrumen
·  Soal esai
·  Lembar observasi/pengamatan dan rubrik/Pedoman pensekoran
       









3.     Pedoman pensekoran
Indikator
Kriteria / Indikator soal
Rentangan Skore
1
2
3
4
·          Menarik kesimpulan tentang SOP paket program pengolah angka  melalui buku teks, studi kasus, media cetak dan online serta sumber belajar lainnya
Kesimpulanya benar/tepat, Kalimatnya mudah dipahami, Menggunakan kalimat sendiri




·         Menerapkan standar operasional prosedur paket program pengolah angka di perusahaan berdasarkan hasil indentifikasi dan evaluasi
Memberikan contoh dengan tepat tentang  cara penerapan standar operasional prosedur paket program pengolah angka di perusahaan





Sikap
Kriteria ketuntasan
Ya
(1)
Tidak
(0)
Jujur
Menyelesaikan tugas mandiri dengan jujur (tidak menyontek/plagiat)


Disiplin
Menyerahkan tugas tepat waktu


Tanggung Jawab
Menyelesaikan tugas sesuai dengan aturan yang harus diikuti


Peduli Sosial
Menghargai teman disaat melakukan diskusi


Santun
Menggunakan bahasa dan dan prilaku yang santun


Ramah Lingkungan
Mempedulikan kebersihan ruang belajar dan memamfaatkan sumber energy dengan efisien


Gotong royong
Menunjukkan sikap kebersamaan dalam penyelesaian tugas


Pro aktif
Menunjukkan sikap aktif dalam penyelesaian tugas



                                                           Sangatta,. 14 Juli 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah




Dr. H. Nurullah, M.Pd
NIP. 19651112 198903 1 019
Guru bidang studi





Abu Bakar, S.Pd, M.M
NIP. 19791028 200701 1 015




Lembar Pengamatan Kerja Kelompok
Nama Kelompok         :
Kelas                            :
No.
Nama Siswa
Aspek Pengamatan
jujur
Disiplin
Tanggung jawab
Peduli sosial
santun
Ramah Lingkungan
Gotong royong
Proaktif
1









2









3









4









5









6









7









8











Lembar Pengamatan Presentasi
Nama Kelompok         :
Kelas                            :
No.
Aspek yang dinilai
Rentang Skor (1-4)
1.       
Kemampuan presentasi

2.       
Penguasaan materi

3.       
Sikap dan gaya

4.       
Kemampuan merespon pertanyaan



                                                                                                 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar